Mengerti dan Mengenal

Dalam Markus 4 : 35-41 dituliskan suatu peristiwa dimana angin ribut diredakan oleh Tuhan Yesus, tetapi ada sesuatu yang aneh, kita lihat ayat 41 dituliskan; Mereka menjadi takut dan berkata seorang kepada yang lain, "Siapa gerangan orang ini, sehingga angin dan danau pun taat kepada-NYA?" Bukankah mereka semua murid-muridNYA? Yang selalu melihat kuasa, mujizatNYA?

Dalam Yohanes 14 : 8-9 dituliskan; Kata Filipus kepada-NYA: Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami". Kata Yesus kepadanya, "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaiman engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa keada kami. Ternyata mengikuti seseorang atau hidup bersama-sam dengan seseorang belum merupakan jaminan bahwa kita mengenal seseorang tersebut dengan sepenuhnya.

Demikian pla dalam pengiringan mengikut Yesus, mungkin kita merasa tahu tentang pribadi dan pelayananNYA serta kuasaNYA dari membaca Alkitab, dari mendengar kotbah-kotbah, dari mendengar kesaksian-kesaksian. Tetapi sebenarnya dalam banyak hal kita justru sedikit sekali memahami diriNYA, pelayananNYA, kuasaNYA. Bisa jadi kita seperti murid-muridNYA yang ditulis dalam Markus 4:41 atau seperti Filipus dalam Yohanes 14 : 8-9.

Mengenal dan mengerti Tuhan Yesus itu perlu kesungguhan hati, jika tidak demikian maka kita akan merasa berat. Dalam Lukas 9:23 dituliskan; Kata-NYA kepada mereka semua: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku. Kala tidak mengenal Tuhan Yesus maka kira akan menangkap bahwa dibalik perkataanNYA sesungguhnya Tuhan Yesus menunjukkan bahwa IA tidak akan membiarkan kita sendiri, Ia IMANNUEL dan Ia tidak akan membiarkan kita memikul salib yang melampaui kekuatan kita.

Jika kita megenal dan memahami Tuhan Yesus dengan kesungguhan hati, sepanjang perjalanan kita dari waktu ke waktu kita akan mengalami Tuhan dan semakin mengenalNYA sehingga tidak mudah diombang-ambingkan oleh rupa angin pengajaran tetap teguh berdiri dalam iman kepada Tuhan Yesus Juru Selamat kita.
  • Share:

Artikel Terkait

0 Komentar

Komentar Anda